Minggu, 06 Maret 2011

Keaneragaman indonesia

Negara kita memang memiliki banyak sekali keanekaragaman adat istiadat dan budaya. Dari mulai bahasa, pakaian adat, hingga rumah adat di masing-masing propinsi berbeda-beda dan kekayaannya.

Keragaman Budaya Indonesia

Keragaman budaya atau “cultural diversity” adalah keniscayaan yang ada di bumi Indonesia. Keragaman budaya di Indonesia adalah sesuatu yang tidak dapat dipungkiri keberadaannya. Dalam konteks pemahaman masyarakat majemuk, selain kebudayaan kelompok sukubangsa, masyarakat Indonesia juga terdiri dari berbagai kebudayaan daerah bersifat kewilayahan yang merupakan pertemuan dari berbagai kebudayaan kelompok sukubangsa yang ada didaerah tersebut. Dengan jumlah penduduk 200 juta orang dimana mereka tinggal tersebar dipulau- pulau di Indonesia. Mereka juga mendiami dalam wilayah dengan kondisi geografis yang bervariasi. Mulai dari pegunungan, tepian hutan, pesisir, dataran rendah, pedesaan, hingga perkotaan. Hal ini juga berkaitan dengan tingkat peradaban kelompok-kelompok sukubangsa dan masyarakat di Indonesia yang berbeda. Pertemuan-pertemuan dengan kebudayaan luar juga mempengaruhi proses asimilasi kebudayaan yang ada di Indonesia sehingga menambah ragamnya jenis kebudayaan yang ada di Indonesia. Kemudian juga berkembang dan meluasnya agama-agama besar di Indonesia turut mendukung perkembangan kebudayaan Indonesia sehingga memcerminkan kebudayaan agama tertentu. Bisa dikatakan bahwa Indonesia adalah salah satu negara dengan tingkat keaneragaman budaya atau tingkat heterogenitasnya yang tinggi. Tidak saja keanekaragaman budaya kelompok sukubangsa namun juga keanekaragaman budaya dalam konteks peradaban, tradsional hingga ke modern, dan kewilayahan.
Dengan keanekaragaman kebudayaannya Indonesia dapat dikatakan mempunyai keunggulan dibandingkan dengan negara lainnya. Indonesia mempunyai potret kebudayaan yang lengkap dan bervariasi. Dan tak kalah pentingnya, secara sosial budaya dan politik masyarakat Indonesia mempunyai jalinan sejarah dinamika interaksi antar kebudayaan yang dirangkai sejak dulu. Interaksi antar kebudayaan dijalin tidak hanya meliputi antar kelompok sukubangsa yang berbeda, namun juga meliputi antar peradaban yang ada di dunia. Labuhnya kapal-kapal Portugis di Banten pada abad pertengahan misalnya telah membuka diri Indonesia pada lingkup pergaulan dunia internasional pada saat itu. Hubungan antar pedagang gujarat dan pesisir jawa juga memberikan arti yang penting dalam membangun interaksi antar peradaban yang ada di Indonesia. Singgungan-singgungan peradaban ini pada dasarnya telah membangun daya elasitas bangsa Indonesia dalam berinteraksi dengan perbedaan. Disisi yang lain bangsa Indonesia juga mampu menelisik dan mengembangkan budaya lokal ditengah-tengah singgungan antar peradaban itu.

Sekedar info, negara kita memiliki salah satu rumah adat yang cukup terkenal hingga ke mancanegara yaitu Rumah Panggung Woloan. Rumah panggung merupakan rumah adat Minahasa yang dapat kita jumpai di kota Tomohon, Sulawesi Utara. Keunikan dari rumah panggung ini adalah rumah panggung ini dapat dipindahtempatkan sesuai keinginan lokasi yang diinginkan. Rumah ini terbuat dari beberapa bagian kayu yang disusun sehingga terbentuk menjadi sebuah rumah. Bagian-bagian kayu ini dapat dibongkar pasang sehingga rumah ini dapat dipindahtempatkan. Karena bahannya terbuat dari kayu maka diperlukan tenaga yang memiliki kreatifitas dan kemampuan indiviu yang tinggi. Kreatifitas dan Kemampuan individu yang tinggi inilah yang membuat harga dari rumah panggung ini bernilai puluhan hingga ratusan juta rupiah.



Meskipun harganya pembuatannya mahal tetapi masyarakat kota Tomohon kebanyakan menggunakan rumah ini sebagai tempat tinggal mereka. Mereka lebih bangga menggunakan rumah panggung ini dibandingkan rumah yang terbuat dari batu bata. Sebagai pribadi yang bukan keturunan minahasa saya salut dan bangga untuk masyarakat kota Tomohon. Semoga tulisan ini dapat menambah wawasan teman2 mengenai rumah panggung woloan dan menambah rasa cinta teman2 untuk Indonesia.
 

Keragaman Bahasa Indonesia

Beraneka ragam cara manusia untuk saling berinteraksi dengan sesamanya, maka tak ayal bahasa adalah salah satu media yang tepat sebagai penyampai maksud satu dengan lainnya. Indonesia sendiri yang kita ketahui terdiri dari ribuan pulau tentunya tidak memungkinkan untuk menggunakan satu bahasa, hal ini terkait dengan letak geografis yang berbeda satu dengan yang lain maka timbulah yang kita kenal dengan bahasa daerah. Dengan tumbuh dan berkembangnya bahasa yang digunakan di Indonesia bukanlah suatu penghalang untuk satu dengan yang lainnya saling berinteraksi. Tentunya penggunaannya pun harus dapat menyesuaikan dengan tempat dan keadaan kita berada. Jadi tidak menjadi masalah Indonesia memeliki ribuan bahasa tetapi sebagai warga negara yang baik tentunya kita tidak akan meninggalkan bahasa ibu kita yaitu bahasa indonesia.

Kekayaan alam Indonesia

Sebagai warga negara Indonesia kita harus bangga karena Indonesia memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan negara lain. Berikut ini 10 daftar rekor yang dimiliki oleh negara ini.
1. Republik Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau, termasuk 9.634 pulau yang belum diberi nama dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni.


2. Indonesia memiliki 3 dari 6 pulau terbesar didunia, yaitu Pulau Kalimantan (pulau terbesar ketiga di duniadgn luas 539.460 km2), Pulau Sumatera (473.606 km2) dan Pulau Papua (421.981 km2)



3. Indonesia adalah Negara maritim terbesar di dunia dengan perairan seluas 93 ribu km2 dan panjang pantai sekitar 81 ribu km2 atau hampir 25% panjang pantai di dunia.





4. Indonesia merupakan Negara dengan suku bangsa yang terbanyak di dunia. Terdapat lebih dari 740 suku bangsa/etnis, dimana di Papua saja terdapat 270 suku. Menggunakan 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan berbagai suku bangsa tersebut.


5. Indonesia adalah penghasil gas alam cair (LNG) terbesar di dunia (20% dari suplai seluruh dunia) juga produsen timah terbesar kedua.



6. Indonesia memiliki Terumbu Karang (Coral Reef) terkaya di dunia (18% dari total dunia) dan memiliki species ikan hiu terbanyak di dunia (150 species).





7. Indonesia menempati peringkat pertama dalam produk pertanian, yaitu cengkeh (cloves) & pala (nutmeg), serta peringkat kedua dalam karet alam (Natural Rubber) dan minyak sawit mentah (Crude Palm Oil).





8. Indonesia adalah pengekspor terbesar kayu lapis (plywood), yaitu sekitar 80% di pasar dunia.




9. Indonesia memiliki biodiversity Anggrek terbesar didunia yaitu sekitar 6 ribu jenis anggrek, mulai dari yang terbesar (Anggrek Macan atau Grammatophyllum Speciosum) sampai yang terkecil (Taeniophyllum, yang tidak berdaun), termasuk Anggrek Hitam yang langka dan hanya terdapat di Papua.



10. Memiliki hutan bakau terbesar di dunia. Tanaman ini bermanfaat ntuk mencegah pengikisan oleh air laut atau abrasi pantai




Dengan ini semua indonesia sangat seksi .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar